Mengapa Air Baik Untuk Kita?

Air secara mutlak penting bagi setiap kehidupan. Setiap sel yang hidup, tanaman dan binatang tergantung pada senyawa ini. Lebih dari separuh tubuh manusia tersusun dari air. Hal serupa juga berlaku untuk makhluk hidup yang lain. Tanpa air untuk minum, umat manusia akan mati dalam waktu yang amat pendek.

Catatan Fakta
Rasa haus yang kita alami dikendalikan dalam otak. Kalau badan memiliki lebih banyak air, kita mengalami rasa haus. Biasanya mulut dan kerongkongan menjadi kering tanda bagi kita untuk minum lebih banyak cairan.
Alasan setiap makhluk hidup memerlukan air dalam jumlah tertentu adalah karena sel, unit dasar  yang menyusun makhluk hidup, mempunyai molekul air didalamnya. Tanpa air unit dasar ini akan amat berbeda dan tidak berguna untuk hidup seperti yang kita kenal.

Dalam kurun waktu satu hari, seorang manusia dewasa minum sekitar dua liter air sebagai cairan, dan satu liter dalam apa yang kita sebut makanan padat, seperti buah, sayuran, roti, dan daging. Makanan padat ini tidak benar-benar kering, karena mengandung air 30-90%.

Disamping tiga liter air yang masuk kedalam badan dari luar, sekitar 10liter air dipertukarkan diantara berbagai sistem organ didalam tubuh. Didalam pembuluh darah terdapat sekitar 5liter   darah dan sekitar 3liter adalah air. Dan keadaan ini tidak pernah berubah. Tidak peduli berapa banyak air yang anda minum, anda tidak dapat mengencerkan darah.

1 Response to "Mengapa Air Baik Untuk Kita?"

  1. Air salah satu kewajiban buat ane gan..
    setiap apgi ane harus wajib minum air putih konon si banyak manfaatnya

    ReplyDelete