"Melihat" Lubang Hitam Dengan Menggunakan Teleskop Rumahan

Aktivitas lubang hitam dapat diamati sebagai cahaya tampak selama ledakan, dan bahwa cahaya berkedip-kedip muncul dari gas yang mengelilingi lubang hitam adalah indikator langsung. [Eiri Ono / Universitas Kyoto]
Yang anda butuhkan adalah sebuah teleskop 20 cm untuk mengamati dari dekat. Lubang yang hitam aktif.

Sebuah tim peneliti internasional melaporkan bahwa aktivitas fenomena tersebut dapat diamati oleh cahaya tampak selama ledakan, dan bahwa cahaya berkedip-kedip muncul dari gas yang mengelilingi lubang hitam adalah indikator langsung. Hasil tim ini, yang diterbitkan di Nature, menunjukkan bahwa sinar optik dan bukan hanya sinar-X menyediakan data pengamatan yang dapat diandalkan untuk aktivitas lubang hitam.

"Kami sekarang tahu bahwa kita dapat melakukan pengamatan berdasarkan sinar optik - cahaya tampak, dengan kata lain - dan bahwa lubang hitam dapat diamati tanpa spec tinggi X-ray atau gamma-ray teleskop," jelas penulis utama Mariko Kimura, mahasiswa master di Universitas Kyoto.

Setelah di beberapa dekade, beberapa binari lubang hitam mengalami "ledakan," di mana sejumlah besar energi - termasuk sinar-X - dipancarkan dari zat yang jatuh ke dalam lubang hitam. Lubang hitam biasanya dikelilingi oleh disk akresi, di mana gas dari bintang pendamping secara perlahan ditarik ke lubang dalam pola spiral. Kegiatan lubang hitam biasanya diamati melalui sinar-X, yang dihasilkan di bagian dalam dari akresi disk di mana suhu mencapai 10 juta derajat Kelvin atau lebih.

V404 Cygni, salah satu binari lubang hitam dianggap terdekat ke Bumi, "hidup" setelah 26 tahun dormansi pada tanggal 15 Juni 2015 setelah mengalami ledakan tersebut.

Dipimpin oleh para astronom dari Universitas Kyoto, tim berhasil memperoleh jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya dari data V404 Cygni, mendeteksi pola berulang memiliki rentang waktu beberapa menit sampai beberapa jam. Pola fluktuasi optik, tim menemukan, berkorelasi dengan orang-orang dari sinar-X.

Berdasarkan analisis data pengamatan optik dan X-ray, para astronom Kyoto dan kolaborator mereka di badan antariksa nasional JAXA, laboratorium nasional RIKEN, dan Hiroshima University menunjukkan bahwa cahaya berasal dari sinar-X yang muncul dari daerah terdalam dari disk akresi di sekitar lubang hitam. Sinar-X ini menyinari dan panas wilayah luar dari disk, sehingga memancarkan sinar optik dan dengan demikian menjadi terlihat dengan mata manusia.

Pengamatan ledakan, para peneliti mengatakan, adalah buah dari kerjasama internasional di negara-negara di zona waktu yang berbeda.

"Bintang hanya dapat diamati setelah gelap, dan hanya ada begitu banyak jam setiap malam, tapi dengan membuat pengamatan dari lokasi yang berbeda di seluruh dunia kami dapat mengambil data yang lebih komprehensif," kata rekan penulis Daisaku Nogami. "Kami sangat senang bahwa jaringan pengamatan internasional kami bisa datang bersama-sama untuk mendokumentasikan peristiwa langka ini."

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa variasi berulang terjadi pada tingkat pertambahan massa lebih rendah dari sepersepuluh dari yang diperkirakan sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa kuantitas tingkat pertambahan massa bukanlah faktor utama yang memicu aktivitas berulang di sekitar lubang hitam, melainkan panjang periode orbit.

4 Responses to ""Melihat" Lubang Hitam Dengan Menggunakan Teleskop Rumahan"

  1. waktu kecil ane suka banget sama astronomi. termasuk mempelajari tentang lubang hitam. thank yah mba udah share

    ReplyDelete
  2. black hole termasuk favorit ane kalo di astronomi

    ReplyDelete