Galaksi Yang Tersembunyi Dibalik Bima Sakti


Ratusan galaksi terdekat tersembunyi telah dipelajari untuk pertama kalinya, shedding cahaya pada anomali gravitasi misterius yang disebut sebagai Great Attractor.

Meskipun hanya 250 juta tahun cahaya dari Bumi - sangat dekat dalam hal astronomi - galaksi baru telah tersembunyi dari pandangan sampai sekarang oleh galaksi kita sendiri, Bima Sakti.

Menggunakan CSIRO Parkes teleskop radio yang dilengkapi dengan penerima yang inovatif, sebuah tim ilmuwan internasional mampu melihat melalui bintang-bintang dan debu dari Bima Sakti, menjadi wilayah yang sebelumnya belum dijelajahi ruang.

Penemuan ini dapat membantu untuk menjelaskan wilayah Penarik besar, yang tampaknya menggambar Bima Sakti dan ratusan ribu galaksi lain ke arah itu dengan gaya gravitasi setara dengan satu juta miliar Suns.

Penulis utama Profesor Lister Staveley-Smith, dari The University of Western Australia simpul dari Pusat Internasional untuk Radio Astronomy Research (ICRAR), mengatakan tim menemukan 883 galaksi, sepertiga dari yang tidak pernah terlihat sebelumnya.

"Bima Sakti sangat indah tentu dan itu sangat menarik untuk mempelajari galaksi kita sendiri tetapi itu benar-benar menghalangi pandangan dari galaksi yang lebih jauh di balik itu," katanya.

Profesor Staveley-Smith mengatakan para ilmuwan telah mencoba untuk mendapatkan ke bagian bawah Great Attractor misterius sejak penyimpangan yang besar dari ekspansi yang universal pertama kali ditemukan pada 1970-an dan 1980-an.

"Kami tidak benar-benar mengerti apa yang menyebabkan percepatan gravitasi ini di Bima Sakti atau di mana itu berasal," katanya.

"Kita tahu bahwa di daerah ini ada beberapa koleksi yang sangat besar dari galaksi kita sebut cluster atau superkluster, dan kami seluruh Bima Sakti bergerak ke arah mereka di lebih dari dua juta kilometer per jam."

Penelitian ini mengidentifikasi beberapa struktur baru yang bisa membantu untuk menjelaskan gerakan Bima Sakti, termasuk tiga konsentrasi galaksi (bernama NW1, NW2 dan NW3) dan dua cluster baru (bernama CW1 dan CW2).

University of Cape Town astronom Profesor Renée Kraan-Korteweg kata astronom telah berusaha untuk memetakan distribusi galaksi tersembunyi di balik Bima Sakti selama beberapa dekade.

"Kami telah menggunakan berbagai teknik tetapi pengamatan radio hanya telah benar-benar berhasil dalam memungkinkan kita untuk melihat melalui foreground lapisan tebal debu dan bintang," katanya.

"Sebuah galaksi rata berisi 100 miliar bintang, sehingga menemukan ratusan galaksi baru yang tersembunyi di balik poin Bima Sakti untuk banyak massa yang kita tidak tahu tentang sampai sekarang."

Dr. Bärbel Koribalski dari CSIRO Astronomi dan Sains Antariksa mengatakan teknologi inovatif pada teleskop Parkes Radio telah memungkinkan untuk survei area besar langit yang sangat cepat.

"Dengan 21-cm penerima multibeam di Parkes kami mampu memetakan langit 13 kali lebih cepat dari yang kita bisa sebelum dan membuat penemuan-penemuan baru pada tingkat yang jauh lebih besar," katanya.

Penelitian ini melibatkan peneliti dari Australia, Afrika Selatan, Amerika Serikat dan Belanda, dan diterbitkan hari ini di Astronomical Journal.

4 Responses to "Galaksi Yang Tersembunyi Dibalik Bima Sakti"

  1. bumi itu cuma planet kecil diantara galaksi-galaksi yang ada. Nice artikel sob :D

    ReplyDelete
  2. Baru twu ane Gan :)
    don't forget visit http://sharingwebblog.blogspot.co.id/
    comment in english

    ReplyDelete
  3. Galaksi selain bima sakti sebenarnya masih banyak dan masih rahasia
    sesuai alquran surah ali imron ayat 190-191

    ReplyDelete