Apa itu Search Engine Optimization dan Mengapa Penting?

Search Engine Optimization (SEO) saat ini lebih penting dari sebelumnya dan sangat penting bagi setiap webmaster untuk memahami arti sebenarnya dari SEO dan juga potensi yang diciptakannya untuk setiap bisnis.

APA ITU SEO
Apa Itu Seo

Apa itu SEO ?


Search Engine Optimization atau SEO singkatnya, adalah seperangkat aturan yang bisa diikuti oleh pemilik situs web (atau blog) untuk mengoptimalkan situs mereka untuk mesin pencari sehingga meningkatkan peringkat mesin pencari mereka.

Selain itu, ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kualitas situs web mereka dengan membuatnya mudah digunakan, lebih cepat, dan mudah dinavigasi.

SEO juga bisa dianggap sebagai kerangka kerja karena keseluruhan proses memiliki sejumlah aturan (atau pedoman), sejumlah tahapan dan satu set kontrol.

Mengapa SEO itu penting?


Di pasar yang kompetitif saat ini, SEO lebih penting dari sebelumnya. Mesin pencari melayani jutaan pengguna per hari mencari jawaban atas pertanyaan mereka atau untuk solusi atas masalah mereka.

Jika Anda memiliki situs web, blog atau toko online, SEO dapat membantu bisnis Anda berkembang dan memenuhi tujuan bisnis.

Optimisasi mesin pencari sangat penting karena:

  • Mayoritas pengguna mesin pencari lebih cenderung mengklik salah satu dari 5 saran teratas di halaman hasil (SERPS), sehingga untuk memanfaatkan ini dan mendapatkan pengunjung ke situs web atau pelanggan Anda ke toko online Anda, Anda harus berada di Posisi teratas.

  • SEO bukan hanya tentang search engine tapi praktik SEO yang baik memperbaiki pengalaman pengguna dan kegunaan situs web.

  • Pengguna mempercayai mesin pencari dan memiliki kehadiran di posisi teratas untuk kata kunci yang dicari pengguna, meningkatkan kepercayaan situs web.

  • SEO bagus untuk promosi sosial situs web anda. Orang yang menemukan situs web Anda dengan mencari Google atau Yahoo lebih cenderung mempromosikannya di Facebook, Twitter, Google+ atau saluran media sosial lainnya.

  • SEO penting untuk kelancaran situs web yang besar. Situs web dengan lebih dari satu penulis bisa mendapatkan keuntungan dari SEO secara langsung dan tidak langsung. Manfaat langsung mereka adalah peningkatan lalu lintas mesin pencari dan keuntungan tidak langsung mereka memiliki kerangka kerja umum (daftar periksa) untuk digunakan sebelum mempublikasikan konten di situs.

  • SEO bisa menempatkan Anda di depan persaingan. Jika dua situs web menjual hal yang sama, mesin pencari yang dioptimalkan situs web lebih cenderung memiliki lebih banyak pelanggan dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Pengantar SEO untuk pemula


Bagi pemula untuk SEO definisi di atas mungkin terdengar rumit, dengan istilah yang lebih sederhana Search Engine Optimization adalah cara untuk memperbaiki situs Anda sehingga akan terlihat lebih dekat ke posisi teratas di hasil pencarian Google, Yahoo, Bing atau mesin pencari lainnya.

Saat Anda melakukan pencarian di Google (atau mesin pencari lainnya), urutan hasil pengembalian ditampilkan, didasarkan pada algoritma yang rumit.

Algoritma ini memperhitungkan sejumlah faktor untuk menentukan halaman web mana yang harus ditampilkan di tempat pertama, tempat kedua, dll.

Mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin telusur akan memberi Anda keuntungan atas situs yang tidak dioptimalkan dan Anda meningkatkan peluang untuk memberi peringkat lebih tinggi.

Apa saja tahapan utama dari proses Search Engine Optimization?


Seperti yang saya sebutkan di atas, SEO bukanlah proses statis melainkan kerangka kerja dengan aturan dan proses. Untuk kesederhanaan meski SEO bisa dipecah menjadi 2 tahap utama:

On-site SEO: Aturan apa yang harus diterapkan di situs Anda agar mesin pencari ramah

dan

SEO Off-site: Bagaimana cara mempromosikan situs atau blog Anda sehingga bisa lebih baik dalam hasil pencarian.


On Site SEO


Dalam tips optimasi mesin pencari saya untuk artikel 6 Cara Menulis Konten SEO ( Search engine optimization)

Ini adalah tweak sederhana yang dapat Anda terapkan ke situs web Anda dan meningkatkan visibilitas mesin pencari Anda. Jika diikuti dengan benar.

Selain pedoman di atas, struktur situs web juga sangat penting untuk tujuan SEO.


Tidak perlu menghabiskan lebih banyak waktu daripada yang dibutuhkan dengan SEO on site, sebaiknya Anda mengoptimalkan situs atau blog Anda karena terkadang (dalam kondisi tertentu) menghasilkan hasil yang berlawanan.

SEO off Site


Selain perubahan yang bisa Anda lakukan untuk situs web Anda (on-site SEO) sehingga peringkatnya lebih tinggi di SERPs, cara lain untuk memperbaiki posisi peringkat situs Anda adalah dengan menggunakan teknik SEO off-site.

SEO di luar situs umumnya dikenal sebagai bangunan tautan tapi saya lebih suka menggunakan istilah promosi situs web karena cara yang tepat untuk mempromosikan situs web melibatkan lebih banyak metode dan teknik daripada membangun tautan.

Secara umum, mesin pencari mencoba menemukan halaman web yang paling penting dan menunjukkan yang pertama saat pengguna memasukkan kueri penelusuran.

Salah satu faktor untuk menentukan posisi sebuah halaman web akan muncul dalam hasilnya adalah jumlah link masuk.

Link masuk adalah sinyal kepercayaan dan tergantung dari mana tautan akan datang, mereka dapat sangat mempengaruhi posisi peringkat Anda (baik secara positif jika tautan berasal dari situs yang terkenal dan terpercaya atau negatif jika mereka memiliki tautan berbayar, direktori artikel, tautan Peternakan dll).

Apa yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak tautan?


Itu pertanyaan yang sangat bagus dan saya yakin jika Anda mencari di Internet untuk frasa itu Anda akan mendapatkan ratusan jawaban yang berbeda.

Menurut saya, dan inilah yang akan saya coba jelaskan di artikel ini, Anda harus lupa membangun link dan berkonsentrasi untuk menciptakan konten berkualitas baik untuk situs web Anda.

Konten yang bagus akan memberi Anda tautan alami yang pada gilirannya akan memberikan peringkat dan lalu lintas yang bagus.

Jika Anda mencoba untuk membeli tautan atau menjadikannya mudah (baca ini: Tamu mengeposkan tautan), Anda mungkin memiliki kesuksesan sementara dan kemudian melihat situs web Anda menghilang dari halaman atas setelah pemutakhiran Google berikutnya.

Apa perbedaan SEO dan pemasaran internet?


Beberapa orang sering bertanya kepada saya "Apakah SEO sama dengan Internet Marketing?" Jawaban paling sederhana yang dapat saya berikan adalah bahwa SEO adalah salah satu alat yang tersedia di gudang Pemasaran Internet Anda.

Ini bukan Pemasaran Internet karena itu tapi bisa menjadi bagian dari keseluruhan kampanye Pemasaran Internet Anda yang biasanya mencakup hal-hal lain seperti promosi media sosial, strategi konten, dll.

Konten bagus masih merupakan faktor keberhasilan terpenting dengan atau tanpa SEO

Sebelum menutup pengantar ini untuk mencari optimasi mesin, Anda pasti sudah sangat jelas dalam pikiran Anda bahwa SEO tidak dapat membantu Anda jika Anda tidak memiliki konten yang bagus.

Dengan kata lain jika Anda mencoba SEO sebuah situs web dengan konten yang tidak terlalu bagus, peluang Anda untuk sukses (dalam jangka panjang) adalah minimum.

Di sisi lain, sebuah situs dengan konten bagus bisa melakukannya dengan baik dengan atau tanpa SEO. SEO hanya akan memberi situs web dorongan ekstra.

SEO adalah suatu keharusan untuk setiap properti web


Untuk jumlah itu, optimisasi mesin pencari atau SEO adalah cara untuk mengoptimalkan situs Anda sehingga mesin pencari akan lebih memahaminya dan memberi peringkat lebih tinggi.

Hal ini penting karena pendekatan SEO yang baik dapat mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web, blog atau toko on-line dan mendapatkan lebih banyak pelanggan, melakukan penjualan dan memenuhi tujuan bisnis Anda.

0 Response to "Apa itu Search Engine Optimization dan Mengapa Penting?"

Post a Comment